Form Login




Designed by:
SiteGround web hosting Joomla Templates
Home ARTIKEL Kesehatan Energy Medicine (Pengobatan Secara Energi)
Energy Medicine (Pengobatan Secara Energi)
By: Eddy Iskandar, Ph.D. (Certified EFT Trainer & Certified Advanced EFT Practitioner – AAMET, UK)

Tubuh manusia memiliki energi yang berupa impuls-impuls listrik yang dihasilkan oleh ATP (adenosintrifosfat) sebagai senyawa yang menyimpan energi tubuh, yang terjadi akibat pembakaran oksigen dalam tubuh. Dalam sel, energi digunakan untuk mensintesis molekul baru, kontraksi otot, konduksi saraf, menghasilkan radian energi yang menghasilkan pancaran sinar.
Medan listrik ini dapat diperbesar hingga menghasilkan energi listrik tubuh (bioelektris) bila elektron bergerak lebih cepat secara teratur. Energi atau tenaga dalam inilah yang diolah dan dikembangkan para ahli olah prana untuk menyembuhkan penyakit. Menurut Einstein segala yang ada di alam semesta ini  merupakan energy. Manifestasi energy antara lain gravitasi, dan gelombang magnet, serta energi matahari.

Setelah energi meridian ditemukan, daya upaya pengobatan energi pun terus berkembang. Penyembuhan dengan model ini adalah untuk merangsang titik-titik kunci di sepanjang 12 jalur energi itu. Kita tahu, energi meridian bertempat di dalam tubuh kita yang letaknya dimana-mana. Seperti di sela-sela tulang, sela-sela otot atau menembus atau pun menyelimuti organ di dalam tubuh. Rangsangan tersebut dilakukan agar jalannya energi di dalam meridian menjadi lancar dan dapat menciptakan keseimbangan, sehingga tubuh kita mampu melawan berbagai penyakit. Untuk menyempurnakan tujuan kesehatan, pengobatan energi memerlukan teknik dari pengobatan tradisional seperti halnya yoga, kinesiologi, akupuntur, akupresur, chiropractic, energi psikologi, TFT (Thought Field Therapy) dan EFT (Emotional Freedom Technique).

Emotional Freedom Technique (EFT) merupakan salah satu pengobatan energi adalah untuk penyembuhan berbagai penyakit atau menghilangkan rasa sakit. Namun khusus pada EFT, yang dibersihkan adalah energi negatif kita terlebih dulu, karena emosi tinggi merupakan cikal bakal dari penyakit fisik, seperti sakit kepala, flu, stress, gangguan pencernaan, arthritis (radang sendi), leher kejang atau menurunkan sakit punggung hingga penyakit lain yang lebih berat. Selanjutnya, pengobatan energi adalah juga untuk merangsang fungsi imun serta menanggulangi polusi elektromagnetik.


Pengobatan Energi Sebagai Ilmu Dan Seni

Aliran energi yang seimbang (harmonis) di dalam tubuh akan merestorasi energi non aktif bila dilakukan dengan pemeliharaan sistem energi melalui cara tapping (ketuk ringan), pijat, mencubit atau memelintir, guna menghubungkan titik-titik energi khusus pada kulit.

Dalam bukunya ’Energy Medicine’, seorang pakar bidang pengobatan energi yang telah 20 tahun menggeluti pengobatan energi dan menguasai sistem energi di dalam tubuh manusia, Donna Eden, bersama seorang psikolog asal John Hopkins University School of Medicine dan Antioch College, David Feinstein menyatakan, pengobatan energi sendiri adalah seni dan ilmu untuk membantu kesehatan jiwa-raga-spiritual dan kesejahteraan manusia. Pengetahuan itu juga merupakan kombinasi antara rasio dan intuisi untuk mengenal energi yang ada di dalam tubuh dan lingkungan kita. Dapat dikatakan, mempelajari pengobatan energi akan mampu mempertajam kapasitas pengenalan energi, hingga membuat kita lebih sadar serta peka dengan instrumen pengobatan diri sendiri, dibanding saat kita menggunakan pengobatan dengan teknologi modern.

Sementara itu, di dalam EFT sendiri kesadaran dan kepekaan itu akan bertambah kuat, ketika kita percaya, asalnya penyakit dan kesembuhan adalah dari Sang Kuasa semata. Hal ini merupakan energi yang bisa menghilangkan segala penyakit. Dengan doa, pengobatan energi yang berisi permohonan atau energi spiritual akan memunculkan mukjizat kesembuhan dan kesehatan.


Belum Memasyarakat

Teknik pengobatan energi saat ini belum memasyarakat secara luas. Padahal perubahan dari sakit ke penyembuhan yang dramatis di dalam pengobatan ini dapat terjadi kini secara holistik. Kendatipun sebagian dari masyarakat tersebut telah memperlihatkan respek dalam pengobatan energi. Terlebih, banyak pilihan menarik dalam menggunakan metode penyembuhan alternatif.

Di Indonesia bila berbicara masalah penyembuhan alternatif, konotasinya perdukunan dan sesuatu yang tidak ilmiah. Namun di Barat terutama Amerika, pengobatan alternatif yang sering digunakan istilah Holistic Medicine yang salah satunya dengan pemdekatan energi dipelajari, serta banyak riset dan penelitian dilakukan. Beberapa hasil riset tersebut menunjukkan bahwa, dampak pikiran dan emosi sangat erat berhubungan dengan fisik, hingga dapat menimbulkan aspek negatif pada fisikdan psikis serta dapat  meningkat secara terus-menerus. Hasil itu pun mengindikasikan, bahwa sistem tubuh, pikiran, spirit adalah potret yang akurat dari akibat ulah manusia (selain Donna beberapa kajian lain yang senada yaitu: Kazuo dalam The Divine Message of DNA – Hiromi dalam The Miracle of Enzyme - Joyce dalam The Miracle of Cell)

Selain implementasi dengan teknik pengobatan tradisional, kontribusi penelitian pengobatan energi Donna Eden, menurut pakar Holistik AS, Carolina Myss, Ph.D, akan menjadi salah satu tulang punggung penelitian yang bisa diletakkan sebagai dasar penyembuhan secara holistic (menyeluruh). Karena riset itu sangat solid dan meyakinkan.


Pengobatan Energi adalah Abadi


Mempraktekkan pengobatan energi dijamin aman, alami dan mudah dilakukan oleh siapa saja, dibanding dengan menggunakan obat-obatan kimia yang bisa menjadi peracunan tubuh. Sedang sifat pengobatan energi merupakan kombinasi antara kontemporer dan kuno. Istilah pengobatan energi sebenarnya sudah digunakan untuk beberapa metode  pengobatan lainnya hingga penggunaan dengan kekuatan elektromagnetik.

Pengobatan seperti itu sering dilakukan di rumah-rumah sakit modern dan dianggap sah menurut hukum. Istilah ini juga digunakan oleh Donna Eden untuk mengembangkan pengobatan energinya yang menggunakan teknik kinesiologi. Menurutnya, istilah pengobatan energi juga untuk menggambarkan tubuh kita sebagai sistem energi yang perlu pengembangan kesehatan, perawatan sekaligus kebahagiaan. Dengan fokus pada tubuh Anda sendiri - sebagai tempat kehidupan sistem energy - Anda bisa mulai melihat kenyataan bahwa kekuatan energi siap menjadi satu di tangan dan di dalam hidup Anda. Energi, bagaimanapun akan memberikan kehidupan kepada tubuh kita, yang menggerakkan, membuat manusia tetap bernafas dan beraktivitas. Sementara, pengobatan adalah sarana yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan energi adalah obatnya, dipakai untuk membangun energi tubuh.

Tanpa memperhatikan pesona teknologi yang siap kita hadapi seperti elektromagnetik, maka esensi pengobatan energi selalu abadi. Karena, hal itu akan selalu menjadi sistem energi yang membuat infrastruktur halus didalam diri kita.


Keuntungan Pengobatan Energi

Keuntungan dari pengobatan energi adalah, pertama, dapat menjaga kesehatan diri dan vitalitasnya. Kedua, mampu membaca bahasa tubuh saat sedang merasa kurang enak atau sakit. Ketiga, menjaga warisan nenek moyang agar bisa hidup secara harmonis dengan kekuatan alam, mempraktekkan persahabatan dan persaudaraan secara bersama antar manusia dan alam sekitar. 

Maksud keuntungan di atas adalah, pertama, manusia dianggap merupakan serangkaian energi. Anggapan ini lalu bisa dijadikan sebagai kenyataan dasar untuk pengobatan energi. Walaupun bentuk energi tak nampak namun bisa kita rasakan keadaannya. Susunan energi adalah untuk kesehatan manusia. Jika Anda pelajari hal-hal yang tidak nampak itu, maka inilah hal yang menyadi kekuatan Anda.

Keajaiban energi akan Anda alami, seperti Anda bisa berpikir secara tajam dan merasa memiliki jiwa. Hal itu jika Anda renungkan dan rasakan akan merupakan kepemilikan yang sangat indah, tambahan, Anda juga punya jari-jari alami yang dapat menyentuh titik-titik penyembuhan, jika Anda sakit.

Pelaksana utama pengobatan energi tentunya Anda sendiri. Yakni, sosok ciptaan Yang Maha Kuasa, yang mendiami tubuh terpelihara. Dengan menggunakan prinsip pengobatan energi, Anda bisa mengoptimalkan tubuh alami untuk penyembuhan diri dan kesehatan.

Anda bisa memperbarui stamina tubuh yang lelah, dengan   menambah vitalitas untuk membersihkan pikiran dan mental jadi sehat, kuat dengan semangat hanya dalam beberapa menit. Anda pun dapat mengelola energi Anda agar lebih efektif ketika stress, gelisah dan dapat membebaskan diri Anda dari banyaknya penyakit. Anda pun dapat menerapkan yang Anda pelajari agar bermanfaat bagi anggota keluarga dan orang lain.

Kedua, sebelumnya Anda harus belajar dari bahasa tubuh Anda dan bersiaplah berbicara dan mengerti bahasa energi. Energi adalah media umum dari tubuh, pikiran dan jiwa. Gelombangnya  merupakan kecepatan vibrasi atau getaran dan  berbentuk denyutan yang dapat kita rasakan dari bahasa tubuh. Hal itu bisa juga berupa fluktuasi dari kecepatan suara ibarat suara musik. Kepasihan Anda akan bahasa tubuh sangat  berguna bagi tubuh, pikiran dan jiwa. Kemahiran Anda itu seolah bisa memainkan orkestra simponi yang panjang dari energi itu sendiri.

Ketiga, bisa dikatakan pengobatan energi adalah diciptakan oleh nenek moyang. Mereka memiliki kekayaan alam. Pengalaman ekologi mereka tidak ada tandingannya. Sebagian besar suku penghuni hutan menunjukkan penguasaan mereka terhadap ilmu tumbuh-tumbuhan yang luar biasa. Salah satu kelompok yang bisa dijadikan contoh adalah suku Shuar di dataran rendah Amazon di Ekuador. Mereka mampu menggunakan 800 jenis tanaman untuk membuat obat-obatan (herbal) dan pengobatan energi.

Selain obat-obatan, mereka juga menguasai proses ekologi yang bisa mempengaruhi ketersediaan sumber daya alam. Karena itu, bagi yang belajar tentang pengobatan energi, mereka dapat menjaga warisan nenek moyang untuk hidup secara harmoni dengan kekuatan alam, mempraktekkan persahabatan dan persaudaraan untuk tubuh, pikiran dan jiwa.

Adalah fakta, siapapun membutuhkan ketenteram alami, hidup dalam kesadaran, berteman dengan sistem energi tubuh Anda. Maka berpikirlah untuk mempelajari bagaimana mengerahkan kekuatan alam dengan mempertinggi kesehatan, menguatkan pikiran dan mencerahkan jiwa. Kendati tubuh kita didesain untuk mampu menyembuhkan diri sendiri. Ketika kita sakit macam apapun, kesembuhannya adalah jika energi kita seimbang. Kita pun punya kekuatan yang luar biasa. Namun bagaimanapun, kita ditempatkan di dunia yang secara sistematis terlibat dengan banyaknya energi alami lainnya dan elektromagnetik, maka kesadaran akan kesehatan akibat banyaknya racun alami pun sangat dibutuhkan.
 

References:

Eddy Iskandar, Ph.D, (2010) - EFT (Emotional Freedom Technique): Holistic Approach, Qanita, Bandung (dalam proses cetak)

Hiromi Shinya, Ph.D. (2008) – The Miracle of Enzyme Self Healing program. Qanita, Bandung (Terjemahan)

Donna Eden & David Feinstein (2008) – Energy Medicine, USA

Kazuo Murakami, Ph.D. (2007) – The divine message of DNA, Mizan, Bandung (Terjemahan)

Joyce Whiteley Hawkes, Ph.D. (2009) The Miracle of Cell Healing, Qanita, Bandung (Terjemahan)

www.eft.co.id dan www.emofree.com

TESTIMONI – Tubuh Anda Dokter Terbaik (Facebook Group) http://www.facebook.com/?sk=messages&ref=mb#!/group.php?gid=249055932648
 

Poling

Apakah Anda tertarik untuk menjadi Praktisi EFT?
 

Relasi

EFTUNIVERSE.COM
Situs Resmi EFT.
LASERPUNCTURE
Situs Laser EFT
APEINDO.ORG
Asosiasi Praktisi EFT Indonesia (APEI).
AAMET.ORG
Association for the Advancement of Meridian Energy Techniques
CPMCONSULTING.CO.ID
Situs Training dan Konsultan
XP180ASIA.COM
Naturopati untuk Kanker
Facebook Testimoni Tubuh Anda Dokter Terbaik
Testimoni - Tubuh Anda Dokter Terbaik di Facebook
OXCELASIA.ORG
OXCEL Asia

Siapa Online

We have 63 guests online
EFT Center, Powered by Joomla! and designed by SiteGround web hosting