Form Login




Designed by:
SiteGround web hosting Joomla Templates
Home ARTIKEL Kesehatan
Kesehatan
Pepaya VS Cancer
  • source: dragonflywellness.com
    PEPAYA tidak hanya membantu proses pencernaan tetapi juga melwan kanker. Percobaan laboratorim menemukan, ekstrak pepaya kering bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

    Peneliti dari University of Florida Dr. Nam Dang dan teman-temannya melaporkan bahwa ekstrak pepaya memengaruhi pengaturan sistem kekebalan tubuh dan tidak menyebabkan efek samping berbahaya terhadap sel-sel normal.

    "Berdasarkan percobaan klinis, tidak seorang pun pengguna esktrak pepaya mengalami keracunan. Sepanjang efektif, Anda bisa menggunakannya untuk jangka waktu lama," tutur Dang, seperti dikutip situs healthday.com, edisi Jumat, (12/3).

    Dalam studi yang dilaporkan di Journal of Ethnopharmacology edisi terbaru ini, peneliti melaporkan bahwa ekstrak daun pepaya memperlambat pertumbuhan 10 tipe kultur sel kanker, termasuk kanker leher rahim, payudara, paru-paru dan pankreas.

    Berikut beberapa manfaat lain dari pepaya:
    • Pepaya mengandung enzim papain yang membantu proses pencernaan.
    • Buah pepaya masak mudah dicerna dan mencegah konstipasi.
    • Studi sebelumnya menemukan bahwa diet murni pepaya selama tiga hari mempunyai efek tonik terhadap lambung dan usus.
    • Jus pepaya membantu meredakan infeksi kolon.
    • Pepaya masak dinyatakan bisa mencegah kanker di organ-oragan.
    • Jus pepaya mencegah mual (termasuk morning sickness dan motion sickness).
    • Potongan buah pepaya hijau yang digosokkan ke atas daging atau direbus dengan daging keras bisa membantu melembutkan daging

    Salam Sehat Sukses Sejahtera

 
Bagaimanakah Posisi Tidur yang Baik?

Bagaimanakah Posisi Tidur yang Baik?

Posisi ketika tidur banyak ragamnya, terlentang, tengkurap, miring, maupun lainnya. Dari berbagai macam posisi tersebut ternyata ada posisi yang baik dan yang tidak baik.Beberapa orang beranggapan bahwa tidur terlentang adalah posisi tidur terbaik. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Dr. Jeffry Lindenbaum, seorang ahli penyakit tulang terutama yang berhubungan dengan masalah tidur, yang juga jurubicara American Osteopathic Association, mengatakan bahwa posisi tidur yang baik adalah yang tidak menyebabkan beban pada tulang belakang, otot maupun saraf.

Posisi terbaik untuk kesehatan adalah posisi tidur seperti bayi dalam kandungan, di mana posisi tidur miring bertumpu pada salah satu sisi, dengan kaki ditekuk mendekati perut dan punggung juga sedikit tertekuk. Posisi ini mengurangi beban pada tulang belakang dan memungkinkan organ-organ tidak tertekan dan mengurangi tekanan terhadap diafragma. Menggunakan bantal di kepala atau leher akan mengalihkan beban dari bahu, sehingga tidak ada penekanan serabut saraf yang berjalan dari leher ke lengan.

Tidur telentang dirasakan tidak nyaman bagi beberapa orang yang terbiasa tidur miring, dan dapat meyebabkan beban yang lebih besar pada punggung dan menyebabkan masalah bagi mereka dengan kondisi kesehatan tertentu. Tetapi orang-orang dengan masalah punggung memilih tidur telentang dengan bantal kecil yang diletakkan di bawah lutut. Bahkan mereka kadang-kadang menggunakan bantal yang dirancang khusus untuk diletakkan di bawah lutut sehingga posisi lutut yang sedikit tertekuk akan mengurangi tekanan pada punggung dan membantu otot perut supaya lebih rileks.

Tidur dengan posisi telentang merupakan masalah bagi mereka dengan hernia, gangguan refluks gastoesofageal, dan asma. Mereka yang menderita sinusitis juga akan mengalami kesulitan dengan posisi tidur telentang, posisi ini menyebabkan cairan dari hidung akan langsung turun ke tenggorokan dan dapat membangunkan mereka di tengah malam karena merasa sesak atau tersedak.

Bagi mereka yang memilih tidur telentang, kepala dan bahu bagian atas sebaiknya diganjal dengan bantal yang tidak terlalu tebal, atau dengan meninggikan bagian kepala dari tempat tidur sedikit ke atas.

Ada beberapa anjuran mengenai posisi tidur dan pengaruhnya terhadap kesehatan :
1. Posisi tidur yang paling sempurna, sebenarnya posisi di mana tubuh dapat menjadi rileks. Saat tidur, usahakan agar tubuh tidak melengkung karena posisi ini dapat mengganggu sirkulasi jantung dan darah.
2. Saat tidur upayakan pula agar seluruh kepala dan leher tertopang dengan baik, agar Anda tidak menderita sakit pinggang. Misalnya dengan menaruh bantal kecil atau handuk yang digulung di belakang leher, asal tidak terlalu tinggi.
3. Bagi Anda yang ingin mengencangkan otot pipi, tidur telentang sangat disarankan dan dilakukan secara rutin. Sementara yang terbiasa tidur dengan posisi miring, para dokter menyarankan untuk mengambil posisi miring ke kanan agar tidak menekan aliran darah ke jantung.
4. Bila tanpa sadar Anda tidur dengan posisi miring ke kiri, agar tidak menekan jantung, dapat disiasati dengan menggunakan bantal yang mengisi ruang kosong antara leher dan kasur. Meski kelihatannya sepele, namun ampuh untuk mengurangi sakit leher.
5. Posisi tidur yang nyaman adalah yang meniru posisi janin di dalam rahim, yaitu dengan sedikit memeluk lutut yang ditekuk mendekati perut. 6. Bila Anda sering tidur dengan posisi tengkurap, sebaiknya segera diubah sebab posisi ini yang paling buruk. Posisi ini menekan lengkungan tulang punggung yang menyebabkan otot tetap tegang selama tidur.
7. Posisi tengkurap juga membuat wajah menjadi sembab dan mata merah, karena dada dan jantung Anda tertekan. Selain itu aliran udara dan darah menuju perut, hati dan orang tubuh lainnya pun menjadi tidak lancar.
8. Hindari tidur dengan wajah menantang lampu, karena akan membuat wajah Anda jadi mengerut saat tertidur pulas.
9. Jangan lupa pula tanggalkan perhiasan dan pakaian dalam saat tidur, agar darah bisa bersirkulasi baik dan membuat anda tidur semakin nyenyak.
10. Bantal memiliki peranan yang sangat penting. Gunakanlah untuk menopang kepala dan leher dengan baik. Jangan gunakan bantal dengan terlalu tinggi, terlalu padat dan terlalu tipis sebab akan membuat Anda mengalami sakit leher dan peredaran darah ke otak tidak lancar.(yc/kaskus)

source:metrogaya.creativendor.com

Tentu sebaiknya sebelum tidur selalu berdoa dan berdzikir kepada Ilahi.

Salam Sehat Sukses & Sejahtera

 
TIPS MENGATASI STRESS

Yang namanya stress sudah jadi bagian hidup sehari-hari. Ada yang berhasil mengatasinya, tapi tidak kurang pula yang terjebak didalamnya.

Berikut ini ada 50 cara untuk mengatasi stress dari Dr. Andrew Slaby, direktur medis RS Jiwa Fair Oaks di Summit, New Jersey AS.

1. Kenali gejala stress. Apakah anda banyak minum minuman keras, mudah jengkel , kurang nafsu makan atau senang menyendiri ? Jika benar, bertindaklah segera.

2. Hindari kafein, karena kafein akan mempercepat debaran jantung dan menaikkan tekanan darah anda. Minumlah multi vitamin untuk melawan stress.

3. Kurangi garam, terlalu banyak garam akan menyebabkan penumpukan-penumpukan cairan tubuh, yang dapat membuat orang cepat marah dan menimbulkan tekanan darah tinggi.

4. Makan yang teratur, kalau anda tidak makan siang atau makan malam, tingkat gula darah akan menurun dan anda akan uring-uringan atau gelisah.

5. Delegasikan wewenang. Mintalah bantuan orang lain jika pekerjaan menumpuk.

6. Jangan menahan kemarahan. Diskusikan masalah yang dihadapi dengan teman.

7. Jangan suka menunda-nunda. Hal itu akan menimbulkan stress.

8. Belajar santai. Duduk dengan tenang, pejamkan mata dan kendurkan otot-otot dari kepala sampai kaki 2 kali sehari.

9. Peliharalah rasa humor. Tertawa itu amat manjur untuk menghilangkan ketegangan.

10. Lupakan masa lalu. Terus mengungkit-ungkit kesalahan, hanya membuat kita bingung dan gelisah.

11. Bersikap sopan santun. Sikap ramah tamah sering dapat mengurangi konflik.

12. Hadapi kenyataan. Ada hal yang memang tidak bisa diubah, sehingga jangan membuang-buang energi dengan marah-marah.

13. Pasang sasaran kecil yang realistis sebagai batu loncatan untuk mencapai yang besar.

14. Bersikap penuh inisiatif, jangan hanya diam menunggu.

15. Ambil keputusan. Kita tidak begitu stress jika telah mencoba tetapi gagal, daripada jika tidak berbuat sama sekali. 16. Berolahraga secara teratur. Jalan cepat merupakan penghilang stress yang paling manjur.

17. Imajinasi. Situasi yang sangat menegangkan lebih dapat ditanggulangi bila kita sebelumnya telah mengantisipasinya, dan membayangkan apa tindakan terbaik untuk menghadapi situasi itu.

18. Beristirahat dan bersantailah. Beristirahatlah beberapa kali dalam sehari.

19. Keluarkan unek-unek anda. Kalau ditahan bisa timbul stress.

20. Hati-hatilah dalam memilih teman. Pilihlah yang memiliki sikap hidup positif. 21. Pijat ajan sangat berguna terutama pada otot-otot bagian leher dan pundak.

22. Cari upaya untuk mengurangi stress. Contohnya, berbekal buku bila ada janji dengan seseorang untuk mengisi waktu bila ia terlambat, atau ajak teman untuk mengawani jika anda sedikit gugup bertemu dengan orang-orang yang kurang anda kenal di suatu pesta.

23. Bantulah orang lain, biasanya mereka akan membalas pada saat anda membutuhkannya.

24. Sadarilah kelemahan anda. Hanya dengan cara begitu anda dapat mengetahui kapan anda bakal membutuhkan pertolongan

25. Jauhi alkohol. Meskipun tampaknya membuat anda bersemangat. Alkohol sebetulnya membuat anda tertekan

26. Berdandanlah, jangan slebor. Orang yang tampil rapih biasanya lebih bahagia.

27. Jangan ngebut terus. Jadwalkan waktu untuk membaca, menelpon kawan atau sanak saudara, dan untuk bercengkrama dengan keluarga.

28. Antisipasikan masalah. Kejutan yang mengesalkan akan menimbulkan stress.

29. Ciptakan kerutinan. Anda akan menghemat energi.

30. Lakukan pernafasan relaksasi. Mudah kok!

31. Jauhi gosip. Mengobrol dengan kawan-kawan memang mengurangi stress, tetapi sok tahu dalam masalah orang lain akan menciptakan musuh.

32. Beranilah berkata tidak . Tanpa kecakapan ini anda tidak mungkin merasa punya kontrol terhadap hidup anda.

33. Bersikaplah luwes. Ada banyak cara mengerjakan sesuatu.

35. Kencan yang romantis juga melarutkan stress.

36. Hati-hatilah menggunakan obat. Ada obat yang bila salah pakai bisa bikin orang loyo dan hilang konsentrasi.

37. Carilah tempat tumpahan emosi jika perlu. Membicarakan masalah dengan seorang yang dekat dengan anda, seringkali dapat menolong.

38. Hiduplah teratur, kehidupan anda lebih mudah diramalkan.

39. Amati gejala pada tubuh anda. Langsung pergi ke dokter atau psikolog jika stress atau depresi berkepanjangan menghinggapi anda.

40. Biarkan pembantu menerima telepon saat istirahat anda di rumah.

41. Berlatihlah dulu untuk menhgadapi situasi yang menegangkan. Dengan demikian anda bisa merasa siap.

42. Melamun kadang-kadang. Beberapa menit lari dari pekerjaan bisa berarti luar biasa.

43. Berlatih yoga. Banyak orang menganggap yoga merupakan upaya relaksasi yang paling sempurna.

44. Hindari jalan macet dan jangan terlalu sering bepergian tanpa rencana.

45. Manjakan diri anda dengan mandi air hangat yang cukup lama. Kalau bisa berendam lebih baik lagi.

46. Ubahlah warna-warna ruangan. Yang paling santai adalah biru muda, dadu dan warna-warna tanah.

47. Kurangi kegaduhan dengan mengisolasi sekeliling pintu dan jendela.

48. Jangan membawa pulang pekerjaan. Belajarlah untuk memisahkan dua hal dalam hidup anda ini secara sempurna.

49. Lakukan pilihan yang realistis, jangan bekerja melebihi kemampuan.

50. Bergabunglah dengan sekelompok yang bisa memberi dukungan. Jalan keluar dari orang lain seringkali cukup berharga untuk dicoba. Cukup banyak orang yang sukses dengan hal-hal kecil jika mereka tidak tergoda oleh ambisi yang kelewat besar. Banyak orang rajin berdoa ketika sedang dalam cobaan dan menginginkan sesuatu, tapi begitu sedang bersuka cita berpikir untuk berdoa pun tidak.

 
Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin

Sembilan manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas jalan kaki.

(1) Serangan Jantung.

Pertama-tama tentu menekan risiko serangan jantung. Kita tahu otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Untuk itu, otot jantung membutuhkan aliran darah yang lebih deras dan lancar. Berjalan kaki tergopoh-gopoh memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup. 

Read more...
 
Khasiat Dahsyat Konsumsi Tauge

Kesehatan - Salah satu jenis sayuran yang enak diolah jadi menu apapun adalah tauge. Yap! Tauge yang dihasilkan dari kecambah kacang hijau atau kacang kedelai ternyata memiliki banyak khasiat selain untuk kesuburan. Kira-kira apa ya nilai plus dari tauge?

Sudah sejak lama orang tahu bahwa tauge bisa mendatangkan kesuburan. Pada pria, jika banyak mengkonsumsi tauge membuat spermanya oke, demikian juga dengan indung telur wanita.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Page 1 of 4

Poling

Apakah Anda tertarik untuk menjadi Praktisi EFT?
 

Relasi

EFTUNIVERSE.COM
Situs Resmi EFT.
LASERPUNCTURE
Situs Laser EFT
APEINDO.ORG
Asosiasi Praktisi EFT Indonesia (APEI).
AAMET.ORG
Association for the Advancement of Meridian Energy Techniques
CPMCONSULTING.CO.ID
Situs Training dan Konsultan
XP180ASIA.COM
Naturopati untuk Kanker
Facebook Testimoni Tubuh Anda Dokter Terbaik
Testimoni - Tubuh Anda Dokter Terbaik di Facebook
OXCELASIA.ORG
OXCEL Asia

Siapa Online

We have 73 guests online
EFT Center, Powered by Joomla! and designed by SiteGround web hosting